Juara Formula 4 di China, Pebalap Ini Jadi Kebanggan Rakyat Maluku

Juara Formula 4 di China, Pebalap Ini Jadi Kebanggan Rakyat Maluku David Juliano Sitanala/juara.bolasport.com ...

Juara Formula 4 di China, Pebalap Ini Jadi Kebanggan Rakyat Maluku

David Juliano Sitanala/juara.bolasport.com
David Juliano Sitanala/juara.bolasport.com

Online24, Ambon â€" Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff berharap pebalap muda belasan tahun asal Maluku David Juliano Sitanala, terus membawa dan mengharumkan nama Maluku di ajang balap internasional.

“Ini luar biasa. Pemerintah Daerah Maluku tentu akan mendorong supaya David terus bisa ikut ajang internasional. Karena selain bawa nama Maluku, dia juga membawa nama negara Indonesia. Apalagi, Menteri Pariwisata maupun Menteri Pemuda dan Olahraga, sudah berkomunikasi soal David ini,” ujar Gubernur Assagaff, dikutip dari situs Kemendagri.

Pernyataan tersebut disampaikannya, ketika menerima kunjungan David, yang datang membawa dua buah piala raihannya pada ajang Formula 4 di sirkuit internasional Zhuhai, China, April 2017, untuk dipersembahkan kepada masyarakat Maluku melalui Pemda Maluku, bertempat di Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Kamis (7/12).

Assagaff katakan, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, dia menyampaikan banyak terima kasih, penghargaan dan apresiasi buat David yang meraih dua kali juara tiga pada ajang balap di China ini. “Saya kira ini putera Maluku pertama, yang memberanikan diri untuk bisa tampil pada ajang balap internasional Formula 4 di China,” tandasnya.

Menurut Assagaff, jarang ada yang seberani David. Sebab perjalanannya diawali dari go kart, langsung ke Formula 4. Dia menyebutkan, menurut mereka yang ahli di bidang ini, biasanya tidak secepat itu, karena butuh penyesuaian waktu, minimal enam bulan.

“Balap ini kan musti berani. Sehingga langsung dari go kart ke F4 dan saat balap di China, tiga kali race dan dua kali diikuti, David persembahkan piala di nomor urut 3 untuk 2 kali race. Sayangnya pada balapan ketiga, ada sedikit trouble pada mesinnya,” terang Assagaff.

Assagaff menyebutkan, tahun 2018, ada sejumlah permintaan juga kepada David. Dia sendiri berkeinginan untuk tidak saja ikut balap di Asia, tapi mau juga ke Eropa diantaranya di Inggris dan Jerman.

“Saya bilang ke Ketua IMI Maluku Sandy Wattimena, supaya besok coba kita bikin surat ke Menteri Pariwisata. Kita minta dukungan dari beliau, mudah-mudahan saja, ada dukungan yang besar dari Menteri Pariwisata kepada David. Karena untuk masuk ke dunia ini, apalagi tahap internasional butuh biaya yang besar,” imbuhnya.

Kalau Pemda Maluku, menurut Assagaff, bisa bantu apa adanya. Kalau anggarannya besar mesti persetujuan DPRD. “Itu yang nanti kita buat ke depan. Intinya, saya berharap David dapat maju terus, bisa membawa nama Maluku dan bangsa Indonesia lebih baik lagi,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Assagaff juga berjanji, akan mengupayakan beasiswa untuk David yang saat ini sedang sekolah di Singapura dan tertarik untuk mendalami ilmu kepariwisataan.

Sementara itu, David Sitanala mengungkapkan keberhasilan diraihnya pasca naik kelas dari go kart ke F4.

“Ke depan pasti latihannya mesti lebih giat karena persiapannya harus 6 bulan sebelum balapan dan itu sangat ketat. Apalagi pelatih yang tangani saya juga pelatihnya Rio Haryanto waktu di formula 1 (F1). Jadi dia juga sudah tahu strategi apa yang disiapkan sebelum pembalap terjun untuk balapan. Apalagi memang kita punya paket team bagus, bisa saling mendukung dan memberikan hasil positif,” paparnya.

David menyambut baik dukungan dari Pemda melalui Gubernur, dan harapannya bisa terus ber sama-sama. Sebab bagi David, ini juga merupakan satu kebanggaan untuk mewakili Maluku di ajang balap internasional dan memberikan hasil lewat prestasi di China, podium 3.

Target ke depan, David mengaku, ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dari saat ini. Jika sebelumnya Juara 3, selanjutnya harus bisa Juara 2 atau Juara 1. Selain balap, kata David pada ajang F4 tersebut, dirinya juga mempromosi obyek-obyek wisata di Maluku, khususnya spot-spot pantainya.

“Kami punya booth special untuk promosi pariwisata. Di situ kami taruh informasi dan kebanyakan foto-fotonya tentang pantai dan keindahan alam di Maluku,” ungkapnya.

Setelah sukses di China, David mengaku membidik even F4 di Inggris. Alasan dia memilih Inggris karena di sana tempat asal olahraga balap, selain Italia.

“Karena tempat asal olahraga balap, sehingga saya perlu mencoba. Agar ke depan bisa berkembang jadi lebih baik lagi. Untuk sponsorship, meski selama ini sudah didekati tetapi belum ada sponsor yang confirm untuk membantu. Saat ini sponsor utamanya masih dari Pemda Maluku,” tandasnya.

Sumber: Google News | Berita 24 Maluku

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,29,
ltr
item
Berita 24 Nusa Tenggara Barat: Juara Formula 4 di China, Pebalap Ini Jadi Kebanggan Rakyat Maluku
Juara Formula 4 di China, Pebalap Ini Jadi Kebanggan Rakyat Maluku
http://online24jam.com/wp-content/uploads/2017/12/medium_524d198841e4a30be8d839c4ea73a206-696x348.jpg
Berita 24 Nusa Tenggara Barat
http://www.ntb.berita24.com/2017/12/juara-formula-4-di-china-pebalap-ini.html
http://www.ntb.berita24.com/
http://www.ntb.berita24.com/
http://www.ntb.berita24.com/2017/12/juara-formula-4-di-china-pebalap-ini.html
true
1144715934284028167
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy