Tingkatkan Mutu SDM, Kementerian ESDM Gaet 6 Perusahaan Energi

Tingkatkan Mutu SDM, Kementerian ESDM Gaet 6 Perusahaan Energi Home Berita Energi Energi Tingkatkan Mutu SDM, Kem...

Tingkatkan Mutu SDM, Kementerian ESDM Gaet 6 Perusahaan Energi

  • Home
  • Berita
  • Energi

Energi

Tingkatkan Mutu SDM, Kementerian ESDM Gaet 6 Perusahaan Energi Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar berharap, SDM yang ada bisa menjadi andalan, minimal di tingkat nasional dan Asia Tenggara (ASEAN). Pekerja migas ilustrasi Jum'at 8/12/2017, 13.23 WIB Anggita Rezki Amelia Kementerian ESDM Soroti Lambatnya Proyek IDD Ditjen Minerba Akan Luncurkan Izin Online dan Dua Aplikasi Baru Kementerian ESDM Siapkan Surat Revisi Porsi Total-Inpex di Mahakam

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) me njalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan sektor energi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor ESDM.

Kerjasama itu dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). Perusahaan yang menandatangani MoU tersebut adalah PT Supreme Energy Muara Laboh, PT AKR Corporindo, ConocoPhilips, Eni Muara Bakau, Petrogas dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN.

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

Kepala BPSDM I.G.N Wiratmaja Puja berharap kerja sama itu dapat meningkatkan jumlah dan kualitas kompetensi SDM di sektor ESDM. "Pada acara ini kami menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa pimpinan perusahaan," kata dia di Jakarta, Jumat (8/12).

General Manager Petrogas (Basin) Ltd Syafri Syafar yang ikut menandatangani MoU itu menyampaikan beberapa kegiatan yang dilakukan. Di antaranya yakni pendidikan, pelatihan, sertifikasi, jasa teknologi, jasa konsultan, dan penilaian.

Ada juga beberapa kegiatan bersama, seperti diskusi, seminar, dan lokakarya. Dalam kerjasama ini juga akan dilaksanakan program kegiatan pengabdian masyarakat. “Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM di kedua belah pihak,” kata Syafri.

Petrogas (Basin) Ltd merupakan opera tor di Blok Kepala Burung, Papua Barat. Di blok ini, Petrogas (Basin) Ltd. mengoperasikan dua fasilitas produksi. Pertama, fasilitas produksi Kasim Marine Terminal (KMT) untuk produksi minyak mentah yang berasal dari Lapangan Walio, Wakamuk, Cendrawasih, dan Jaya. Kedua, Arar Gas & LPG Plant untuk produksi gas dari Lapangan Arar dan Klalin. Selain itu, RH Petrogas Limited juga memiliki partisipasi sebesar 33,2142 % di blok Salawati Kepala Burung, Papua Barat.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar juga berharap, SDM yang ada bisa menjadi andalan, minimal di tingkat nasional dan Asia Tenggara (ASEAN). "Sedikit atau banyak kita ada usaha menuju indonesia yang lebih baik," ujar dia.

Sebelumnya juga BPSDM telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan sektor energi untuk meningkatkan pengembangan SDM di sektor ESDM. Mereka yakni PT. Freeport Indonesia, Chevron Indonesia, Medco E&P, PT. Perusahaan Gas Negara Tbk, PT. Bukit Asam Tbk, PT. Pertamina Geothermal Ene rgy, PT. Geo Dipa Energi (Persero), PT. Timah Tbk, PT. Pertamina, Drilling Service Indonesia, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Adaro Indonesia.

BPSDM ESDM sendiri diharapkan akan memiliki peran penting dalam pengembangan SDM dengan menggelar pelatihan dan sertifikasi di sektor ESDM. Saat ini BPSDM ESDM telah memiliki 12 lokasi pelatihan dan pendidikan yang tersebar di Jakarta, Bogor, Bandung, Sukabumi, Cipatat, Cepu, dan Sawahlunto.

Berdasarkan data Kementerian ESDM per Agustus 2017, BPSDM telah menyelenggarakan 256 diklat dengan 4.229 peserta diklat. Selain itu lima kegiatan Pengembangan SDM non diklat dengan 541 peserta. Kemudian memberikan 14 tugas belajar untuk peserta 10 program S2 dalam dan luar negeri serta empat peserta Program S3 Luar Negeri.

(Baca: Bonus Demografi Jadi Alasan Program Peningkatan Kualitas SDM)

Dari keseluruhan kegiatan yang dilakukan, penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Jasa Diklat sepanjang periode Semester I Tahun 2017 dari BPSDM E SDM mencapai Rp 39 miliar. Ini merupakan 47% dari total target PNPB BPSDM ESDM Tahun Anggaran 2017 yang sebesar Rp 83 miliar.

Artikel Terkait Kementerian ESDM Soroti Lambatnya Proyek IDD “IDD sampai sekarang slow , Chevron lambat. Dia tidak maju-maju," kata Arcandra. Ditjen Minerba Akan Luncurkan Izin Online dan Dua Aplikasi Baru Nantinya proses perizinan di minerba paling lama dua minggu atau 14 hari kerja dengan catatan seluruh persyaratan lengkap. Kementerian ESDM Siapkan Surat Revisi Porsi Total-Inpex di Mahakam “Sekarang ada di Sekretaris Jenderal. Revisi naik menjadi 39%,” kata Arcandra Tahar.

Berita Terpopuler

Digital Ditjen Pajak: Keuntungan Bitcoin Kena Pajak dan Dilaporkan di SPT Penghasilan dan kepemilikan bitcoin harus dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) pajak tahunan. Energi Surati Sri Mulyani, Pertamina Tagih Utang Subsidi Rp 30 Tr iliun Dalam 10 tahun ke depan, Pertamina membutuhkan biaya hingga US$ 115 miliar untuk ketahanan energi di ... Nasional Jenderal Gatot Dikritik Mutasi 85 Perwira TNI di Masa Akhir Jabatan Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan seharusnya Jenderal Gatot tak melakukan mutasi di masa ak ... Energi Pertamina Sebut Penghapusan Premium Kebijakan Pengelola SPBU Margin pengusaha SPBU dalam menjual produk Pertamina seperti Pertamax dan Pertalite lebih tinggi dib ... Keuangan BCA Siapkan Uang Elektronik Tanpa Top-Up untuk Bayar Tol "Untuk yang otomatis Top-up sedang dipelajari untuk yang server base dan akan terkoneksi dengan MLFF ...

Opini

Madjedi Hasan Madjedi Hasan

Potensi Masalah Skema Kontrak Bagi Hasil Gross Split

Kishore Mahbubani Kishore

Sistem Pendidikan Perlu Adaptasi dengan Disrupsi Teknologi

Irvan Rahardjo Irvan Rahardjo

Setahun Restrukturisasi AJB Bumiputera Masih Jalan di Tempat

Sampe L. Purba    Sampe L Purba

Mematut Potensi India, Pasar Raksasa Gas Dunia

Ignatius Haryanto Ignatius Haryanto

Kolaborasi, Solusi Menghadapi Disrupsi Industri Media

Baca juga Tambang Batu Bara Industri 4 Perusahaan Kerja Sama Mengubah Batu Bara Menjadi Gas dan Petrokimia Bea Cukai Makro Penerimaan Bea Cukai Capai 77,4%, Cukai Alkohol Turun Drastis Internet desa Digital Pemerintah Gandeng Youtube untuk Edukasi Internet bagi Pelajar setya novanto Nasional Demi Jaga Integritas, Otto Hasibuan Mundur Sebagai Pengacara Setnov Infomark Transparansi Tambang: Mulai 2020 Data Pemilik Wajib Dibuka Infomark Transparansi Tambang: Mulai 2020 Data Pemilik Wajib Dibuka Sektor Migas Tunggu Revisi Undang-Undang Infomark Sektor Migas Tunggu Revisi Undang-Undang Keterbukaan-Data , Indonesia-Masih-Tertinggal Infomark Keterbukaan Data, Indonesia Masih Tertinggal Izin Tak Layak, Penerimaan Negara Terhambat Infomark Izin Tak Layak, Penerimaan Negara Terhambat Sumber: Google News | Berita 24 Pabar

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,29,
ltr
item
Berita 24 Nusa Tenggara Barat: Tingkatkan Mutu SDM, Kementerian ESDM Gaet 6 Perusahaan Energi
Tingkatkan Mutu SDM, Kementerian ESDM Gaet 6 Perusahaan Energi
https://katadata.co.id/public/media/images/thumb/2017/01/27/2017_01_27-19_51_49_2200c227a57f7586030bf8887e8375fa_960x640_thumb.jpg
Berita 24 Nusa Tenggara Barat
http://www.ntb.berita24.com/2017/12/tingkatkan-mutu-sdm-kementerian-esdm.html
http://www.ntb.berita24.com/
http://www.ntb.berita24.com/
http://www.ntb.berita24.com/2017/12/tingkatkan-mutu-sdm-kementerian-esdm.html
true
1144715934284028167
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy