GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Belajar Otodidak, Siswa SMAN 8 Yogyakarta Ini Wakili Indonesia di ...

Belajar Otodidak, Siswa SMAN 8 Yogyakarta Ini Wakili Indonesia di ...

Belajar Otodidak, Siswa SMAN 8 Yogyakarta Ini Wakili Indonesia di Ajang Internasional WSDC 2018 Belajar otodidak, siswa SMAN 8 Yogyakarta ni wakili Indonesi…

Belajar Otodidak, Siswa SMAN 8 Yogyakarta Ini Wakili Indonesia di ...

Belajar Otodidak, Siswa SMAN 8 Yogyakarta Ini Wakili Indonesia di Ajang Internasional WSDC 2018

Belajar otodidak, siswa SMAN 8 Yogyakarta ni wakili Indonesia di ajang nternasional WSDC 2018

Belajar Otodidak, Siswa SMAN 8 Yogyakarta Ini  Wakili Indonesia di Ajang Internasional WSDC 2018dok Muhammad Zufar Farhan ZuhdiMuhammad Zufar Farhan Zuhdi

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Muhammad Zufar Farhan Zuhdi merupakan Siswa SMAN 8 Yogyakarta yang menjadi wakil DIY pada ajang World Schools Debating Championship (WSDC) 2018.

Selain Zuhdi, perwakilan Indonesi a lainnya yakni siswa dari SMA Pelita Harapan Jakarta, SMAK 1 Penabur Jakarta, SMA Sutomo 1 Medan dan SMA Kristen Immanuel Pontianak, yang tergabung dalam Tim Debat Indonesia akan bertanding di Zagreb, Kroasia pada Juli mendatang.

Zuhdi menceritakan, awal mula dirinya tertarik mengikuti debat dan berhasil menjuarai berbagai perlombaan debat lantaran dirinya mengikuti ekstrakurikuler debat di sekolahnya.

"Awalnya itu di sekolah ada eksul debat, tiap tahun sejak 2011 Debat Delayota sering mengirimkan wakil Indonesia ke internasional. Karena emang banyak prestasi di eksul debat, makanya aku ikut," ujar Zuhdi.

Sebelum mengikuti ekstrakurikuler debat di sekolah, Zuhdi menuturkan semasa duduk di bangku SMP, dirinya belum fasih dalam berbahasa Inggris.

"Bahasa Inggris masih jelek banget pas SMP. Padahal waktu itu aku belum begitu bisa Bahasa Inggris dan emang nggak pernah belajar Bahasa Inggris, dari dulu aku jarang ngomong pakai Bahasa Inggris so alnya," lanjutnya.

Dengan mengikuti berbagai perlombaan debat, kemampuan berbahasa Inggris Zuhdi semakin bertambah.

Zuhdi mengaku, dirinya belajar Bahasa Inggris secara otodidak.

"Latihannya itu nonton film biasanya pakai subtitle Bahasa Inggris sama banyak latihan speech debat sih, lama-lama jadi kebiasaan ngomong Bahasa Inggris," kata Zuhdi kepada Tribunjogja.com

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Noristera Pawestri Editor: has Sumber: Tribun Jogja Ikuti kami di Habiskan Liburan Bersama, Seorang Pria Tega Bunuh Kekasihnya dan Dimasukkan ke Koper Lalu Dibuang Sumber: Google News | Berita 24 Yogya

Tidak ada komentar