www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggaran Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

KKP Serahkan Bantuan 134 Kapal untuk Nelayan Maluku

Posted by On 05.48

KKP Serahkan Bantuan 134 Kapal untuk Nelayan Maluku

Ilustrasi (Foto: sindonews.co

INFONAWACITA.COM â€" Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) menyerahkan 134 unit kapal penangkap ikan berbagai ukuran kepada para nelayan di Provinsi Maluku.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja, saat penyerahan bantuan kapal tersebut kepada perwakilan nelayan, dipusatkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ambon, Rabu (6/12) menyatakan, kapal ini dilengkapi dengan alat penangkap ikan ramah lingkungan..

Sjarief Widjaja bersama Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Michael Wattimena menyerahkan ra tusan kapal bantuan tersebut kepada para nelayan, sekaligus melihat kondisi kapal yang telah dipersiapkan.

Dirjen menegaskan, bantuan kapal penangkap berukuran tiga Gross tonage (GT), lima GT, 10 GT dan 20 GT yang dilengkapi API ramah lingkungan berupa rawai dasar 1.000 mata pancing, handline tuna, pancing tonda dan gillnet millenium, dimaksudkan agar para nelayan penerima bantuan tetap melestarikan laut melalui kegiatan penangkapan ikan yang tidak merusak lingkungan.

“Aktivitas penangkapan yang ramah lingkungan berdampak besar menjaga kelestarian lingkungan laut sebagai rumah ikan, sehingga perkembangbiakan dan kelestarian sumber daya perikanan tetap terjaga dan meningkat, sekaligus menjadi potensi dan masa depan nelayan untuk peningkatan kesejahteraannya,” katanya.

Ratusan kapal bantuan yang diserahkan tersebut merupakan bagian dari 782 unit kapal perikanan untuk nelayan yang dibangun KKP selama tahun 2017.

Sjarief Widjaja menga jak masyarakat nelayan untuk menjaga sarana dan prasarana penangkapan yang diberikan serta menggunakannya demi mengawal keberlanjutan sumber daya ikan di perairan Indonesia, khususnya di Maluku yang terkenal sebagai daerah paling kaya berbagai jenis sumber daya ikan bernilai ekonomi di pangsa pasar dunia tersebut.

“Potensi perikanan di Maluku sangat berlimpah, nelayan di daerah ini tidak perlu jauh-jauh melaut sudah dapat ikan banyak. Tapi terpenting aktivitas penangkapan dilakukan tidak berdampak merusak laut serta melindungi kelestarian hayati laut,” katanya.

Bersamaan dengan penyerahan ratusan kapal tersebut, juga diserahkan pemerintah juga memberikan bantuan premi asuransi nelayan sebanyak 8.379 untuk nelayan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku Tengah (Malteng), Maluku Tenggara (Malra), Buru, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya (MBD), Kota Tual dan Kota Ambon.(AR)

Sumber: Google News | Berita 24 Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »