www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggaran Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Siklon Tropis Joyce Terpantau di Indonesia, Sulsel Juga Terkena ...

Posted by On 06.01

Siklon Tropis Joyce Terpantau di Indonesia, Sulsel Juga Terkena ...

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Meteorologi, Kilimatologi, dan Geofisika memantau pergerakan Siklon tropis Joyce. Dari analisis yang telah dilakukan BMKG pada pukul 22:16 WIB, Kamis (11/1/2018) siklon ini terpantau di Samudra Hindia utara Australia Barat dengan kecepatan angin maksimum 45 knot (85km/jam) dengan tekanan 986 mb dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia.

Deputi bidang meteorologi, BMKG dalam rilis yang disebar Daryatno, salah satu prakirawan BMKG Makassar mengatakan beberapa sirkulasi siklonik ini terpantau di Kalimantan Barat, Samudera Hindia Barat daya Banten, dan laut Arafura (level 925/800 mb).

Konvergensi terbentuk memanjang dari perairan selatan Jawa hingga perairan selatan Sulawesi. Daerah belokan angin terdapat di wilayah perairan barat Sumatera, laut Natuna, Kalimantan Timur, NTT, Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, dan Papua Barat.

"Pergerakan siklon tropis Joyce ini sendiri memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia. Setidaknya hingga tanggal 13 Januari mendatang beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami hijan lebat disertai dengan angin kencang dan petir,"tulis deputi meteorologi BMKG dalam rilis yang diterima Rakyatku.Com, Kamis (11/1/2018) malam.

Pada tanggal 12 Januari 2018, wilayah yang berpotensi hujan lebat ialah Riau bagian timur, kep. Riau, kep. Bangka Belitung, Jawa Barat bagian Selatan, Jawa Tengah bagian selatan, Kalimantan tengah bagian barat, NTT, Sulteng, Bali, Gorontalo, Sulut, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat diseetai angin kencang dan petir yaitu Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat bagian bagian utara, Kalimantan Selatan bagian Selatan, Kalimantan Utara, NTB, Su lawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Baca Juga

  • Puluhan Hektar Tambak di Pangkep Terendam Banjir
  • Hati-hati Melintas di Poros Jeneponto, Ada Tiang Nyaris Rubuh
  • Cuaca Ekstrem, Pelayaran di Parepare Terganggu

Adapun pada tanggal 13 Januari, cuaca hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah
Kep. Riau, Jawa Barat, NTB, Sulawesi Tenggata, Gorontalo, Maluku, dan Papua.

Sedangkan untuk wilayah hujan lebat beserta angin kencang dan petir terjadi di wilayah Yogyakarta, Jawa Timur, Kalbar, Kalut, NTB, Sulteng, Sultra, dan Sulut.

Siklon Joyce ini juga menyebabkan gelombang laut dengan ketinggian 1.25 â€" 2.50 m di Selat Bali â€" Selat Lombok â€" Selat Alas bagian selatan, Laut Sawu, dan Laut Timor selatan NTT.

Sedangkan gelombang laut 2.50 - 4.0 m di Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga Sumbawa, Perairan selatan pulau Sumba â€" pulau Rote, Laut Jawa, dan Samudra Hindia selatan Jawa hingga selatan NTT.

Sumber: Google News | Berita 24 Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »