www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggaran Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BHINNEKA FEST Bangkitkan Kebhinnekaan dan Persatuan

Posted by On 10.43

BHINNEKA FEST Bangkitkan Kebhinnekaan dan Persatuan

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Paduan suara melibatkan 300 orang dari berbagai daerah, Bandung, Padang, Jambi, Bengkulu, bergema dalam satu choir. Tak hanya nyanyian, tapi juga pageralan seni dan budaya, serta rangkaian cerita sejarah dan ikrar sumpah pemuda. Tak kurang dari 8.000 siswa dan mahasiswa hadir dalam event yang digelar di Indonesia Convention Center, Sentul Jawa Barat 24 Oktober 2017 lalu.

Tahun ini acara serupa bakal digelar lagi dengan tajuk Bhinneka Festival (BHINNEKA FEST) yang diselenggarakan oleh Yayasan Harmoni Potensi Indonesia. Tidak hanya di satu tempat, event ini akan digelar secara roadshow ke tujuh kota di Indonesia, seperti Padang Sumatera Barat pada 12 Mei 2018, Sorong Papua Barat pada 28 Juli 2018, Cirebon Jawa Barat pada 11 Agustus 2018, Solo Jawa Tengah pada 25 Agustus 2018, Samarinda-Kalimantan Timur pada 15 September 2018, Mataram-Nusa Tenggara Barat pada 6 Oktober 2018, dan Denpasar-Bali pada 27 Oktober 2018.

Daud Wiryo Hadinagoro, dari Yayasan Harmoni Potensi Indonesia, mengatakan, yayasan ini memiliki visi merevitalisasi nilai-nilai Pancasila dengan Semangat Kebhinnekaan melalui pengembangan anak bangsa. Acara tersebut mendapat dukungan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Bhinneka Fest akan membangkitkan akan kepedulian terhadap keberagaman dan pentingnya persatuan. Event ini tidak hanya berdampak kepada para pelaku tapi dapat mengajak kepada semua pemuda dan masyarakat untuk melihat, berperan serta kemudian semakin mencintai keberagaman budaya Indonesia." katanya, dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Lanjutnya, Energi positif pemahaman akan Kebhinnekaan dan pentingnya persatuan juga diharapkan dapat mengalir tidak hanya kepada peserta dan masyarakat yang terlibat selama acara berlangsung. Tapi manfaat dapat dirasakan secara berkesinambungan, karena peserta dan masyarakat yang terlibat diharapkan menjadi duta-duta di lingkungan sekitar masing-masing untuk menularkan pemahaman Kebhinnekaan dan persatuan itu.

Adapun berbagai acara yang digelar nantinya seperti aksi budaya bhinneka, sebagai ajang yang menyatakan kemampuan secara perorangan atau kelompok berupa potensi budaya daerah masing-masing. Talkshow Kebinnekaan, yang dikemas secara modern dan menyenangkan dengan gaya khas milenial. Gerai Budaya Bhinneka atau Bilik Budaya Bhinneka, berupa pameran kebudayaan yang menghadirkan ragam miniatur kekayaan budaya Indonesia. Dan Pagelaran Budaya Bhinneka, yang menampilkan atraksi nyanyian dan tarian daerah Indonesia dengan drama musikal bertajuk ideologi Pancasila.

Sumber: Google News | Berita 24 NTB

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »