www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggaran Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gunung Rinjani ditetapkan UNESCO sebagai geopark dunia

Posted by On 04.54

Gunung Rinjani ditetapkan UNESCO sebagai geopark dunia

Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. | Chanwit Ohm /Shutterstock

Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), ditetapkan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) bersama dengan Ciletuh, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Penetapan secara resmi akan dilakukan bulan September 2018 di Adamelo Brenta Geopark, Italia, dalam acara Internasional Conference on UNESCO Global Geopark.

"Di seluruh dunia ada ratusan UNESCO Global Geopark. Masuknya Gunung Rinjani menjadi UNESCO Global Geopark tentu menjadi ajang promosi yang efektif terutama bagi sektor kepariwisataan NTB. Tentu, akan semakin banyak wisatawan internasional yang tertarik untuk berkunjung ke Gunung Rinjani," ujar General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul.

Apa untungnya menjadi UGG?

Sebenarnya, sudah ada tanda-tanda Gunung Rinjani akan menjadi UGG, sejak NTB ditunjuk sebagai tuan rumah Asia Pasific Geopark Network Symposium, pertemuan seluruh anggota Geopark se-Asia Pasifik pada 2019.

Setelah ditetapkan jadi UGG, akan ada perubahan di Gunung Rinjani. Salah satunya perluasan batas kawasan geopark Rinjani sampai ke wilayah selatan Pulau Lombok sesuai rekomendasi UNESCO.

Pantai Semeti, Pantai Telawas, sampai ke timur di Tanjung Ringgit sebagai situs dan jejak geologi gunung api purba pun akan masuk menjadi situs Geologi Geopark Rinjani.

Chairul mengatakan batas geopark ini sebenarnya jauh lebih luas ketimbang kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Batas geopark antara lain seluruh kawasan di utara jalan raya Mataram hingga Kayangan dan tiga gili.

Menjad i UGG membawa keuntungan bagi Gunung Rinjani dan NTB. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, semakin banyak pengakuan dunia yang mampir ke Indonesia, semakin menaikkan pamor Indonesia. Penetapan ini juga akan meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan meningkatkan perekonomian di NTB.

Peneliti Pusat Survei Geologi Badan Geologi, Hanang Samodra mengatakan keberhasilan geopark di Tiongkok menghasilkan devisa dari pariwisata sebesar 66 miliar Dolar AS di antaranya 62 persen berasal dari geopark.

Contoh lain dari Gunung Sewu Pacitan. Pendapatan asli daerah sektor pariwisata sebelum adanya geopark pada tahun 2011 hanya Rp800 ribu. Namun, setelah menjadi geopark bisa mencapai Rp22,5 miliar pada Desember 2015.

Arief Yahya pun mengatakan, patokannya adalah Tiongkok atau Korea yang berhasil mengembangkan geopark. Tiongkok telah berhasil mengembangkan Yuntaishan Geopark semula tahun 2000 dikunjungi 200 ribu wisatawan, meningkat menjadi 1,25 juta wisatawan.

Menurut Yunus Kusuma Brata, Task Force Geopark Nasional, ada banyak keuntungan jika Geopark Rinjani berubah menjadi UGG. Pertama, Gunung Rinjani akan mendapatkan promosi gratis ke ratusan geopark dunia lain. Kedua, status ini juga akan jadi kebanggaan bangsa karena berhasil menjaga lingkungan dan menyejahterakan rakyatnya.

Ketiga, mewariskan alam yang baik untuk generasi penerus. Keempat, terjadinya transformasi, ketika sebelumnya Indonesia dikenal kurang peduli terhadap lingkungan maka sekarang berubah menjadi peduli dan juga melibatkan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Bayangkan saja, di seluruh dunia ini ada ratusan UGG. Dengan masuknya Gunung Rinjani menjadi UGG nantinya, tentu ini bisa menjadi ajang promosi yang cukup efektif bagi sektor kepariwisataan NTB," kata Muhammad Faozal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB.

Faozal mengatakan bahwa ini merupakan hal positif karena Gunung Rinjani akan mendunia. Dampaknya adalah bertambahnya kun jungan wisata, termasuk adanya peningkatan dalam pemberdayaan sumber daya manusia, akomodasi, transportasi, sampai ke bidang kuliner ikut terkena imbasnya.

Mempertahankan status

Meski sudah mendapatkan pengakuan dan menjadi bagian dari geopark dunia, status ini harus dipertahankan. Ini karena keanggotaan UGG dibatasi selama empat tahun. Setelahnya, setiap geopark akan dievaluasi sesuai prosedur dan kriteria UGG.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi, mengatakan tugas selanjutnya adalah bebenah demi memastikan kualitas lingkungan di Geopark Rinjani, terutama soal kebersihan dan kenyamanan bagi pengunjung.

"Misalnya, Gunung Rinjani yang menjadi lokasi trekking agar kualitas lingkungannya dijaga. Malu kita, jangan sampai isu kebersihan masih ada. Ayolah kita bantu diri kita, bangun daerah dengan kekuatan kita, jaga kehormatan daerah dengan tidak merusak daerah ini. Siapa pun yang datang ke Rinjani pastikan adik atau saudara, pendaki gunung d an penikmat keindahan alam tidak mengotori Rinjani dan jaga kebersihannya," jelasnya.

Sumber: Google News | Berita 24 NTB

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »